Perpustakaan Sketsa

Tergerak oleh seruan 3B-nya mas Ahmad Zeni (Beli! Beritakan! Berkomentar!) di mailing list pengajian komik, kemarin sambil mengantar si nyonya menjalankan ritual rutin ngeborong buku di Reading Light saya langsung aja beli sebuah buku kompilasi komik strip berjudul “Perpustakaan Sketsa”. B pertama untuk Beli sudah dieksekusi (bisa jadi ini resolusi untuk 2008, beli komik lokal minimal 1 setiap bulan), nah di blog ini saya coba jalankan 2 B sisanya (Beritakan & Berkomentar).

Buku 12 halaman fullcolor ini berisi komik strip yang sebagian diangkat dari
blog perpustakaan sketsa milik Erick Sulaeman (kapan yah chickenstrip bisa kayak gini? :P). Isinya kocak abis, bahkan sebelum kita membuka halaman pertama saja kita sudah diajak tertawa dengan humor yang menyindir bikers dan moge kebanggaan mereka yang sering membuat mereka besar kepala (semoga Erick tidak keberatan covernya saya tampilkan di bawah ini).

Humor yang disajikan bervariasi, dari garingan soal visualisasi dan interpretasi harfiah, tangkapan kejadian sehari-hari hingga satir sederhana namun mengena. Hampir sebagian besar menurut saya menggunakan gaya humor yang “Bandung banget” dan hebatnya semua variasi humor tersebut disajikan juga dengan variasi gaya gambar yang cukup berbeda… sangat eksploratif. Kalau disuruh memilih, favorit saya adalah komik satu panel soal dua orang yang cast away dan charger nokiaπŸ˜€.

Komik berbandrol Rp.16.000,- yang sementara dirilis hanya di Bandung ini diterbitkan secara indie, penerbitnya adalah Kumata Studio. Dari segi kualitas content, fisik cetak dan semangat, buku ini sangat patut diacungi jempol. Sedikit kekurangannya mungkin adalah keputusan Erick untuk mengorbankan beberapa karya yang sudah tersedia online menjadi ekslusif hanya untuk versi cetak sehingga banyak fans blognya yang merasa kehilangan. Tapi hal tersebut bukan berarti Erick berhenti memanjakan para penikmat komik di internet, di situs miliknya (www.ericbandung.com) pengajar di FSRD ITENAS ini masih menyediakan wallpaper dan free web comic yang keren dan lucu.

Untuk lebih asyiknya sih langsung saja beli bukunya di toko buku Reading Light, Tobucil, Omuniuum, Seven Heaven atau Toga Mas Bandung.
Dukung terus komik Indonesia!πŸ˜€

9 thoughts on “Perpustakaan Sketsa

  1. Wah makasih banget nih bisa dimuat! Saya bener-bener butuh masukan buat edisi pertama ini.
    Yang jelas utk di Jakarta, sedang dinego sama distributor,
    dan soal harga, itu berasal dari cetak dengan jumlah sedikit.

    Ya, semoga kegilaan sebanyak 24 halaman ini bisa terus saya terbitkan. Sekali lagi, terima kasih.

  2. Eh milis pengajian komik dkv terbuka untuk umum gak Dik? Aku tertarik buat mulai belajar gambar sih ni. Wah, ternyata kamu suka ke Readinglights, Tobucil tho.

  3. @eric: wah komikusnya nongol euy, ditunggu buku keduanya oom eric!

    @zaki: dulu sih gabung pas ada acara rutin bulanan oom nov/alva di dkv tapi selanjutnya kalau ga salah jadi milis open tuh zak, subscribe aja

  4. Eh ini ada info, gw iseng aja bantu sebarin. Kalau tertarik dateng aja yah.

    Kritik & Review Media Komik

    Start: Feb 7, ’08 3:00p
    Location: Tobucil & Klabs Jl. Aceh No. 56 Bandung Telp. 022 4261548
    Agenda pertemuan klab komik manyala. Terbuka untuk umum siapapun yang tertarik pada tema ini. Gratis.

    Contact Person: Gide 081320547800

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s