Chickenstrip 178: Jebakan Twitter App.

cc0178
Berawal dari penasaran akan gameplay & interaksi aplikasinya (plus harapan iseng2 berhadiah juga tentunya), sekitar seminggu yang lalu saya mendaftar quiz Nokia Eksismeter. Konsepnya sih menarik, memanfaatkan statistik aktifitas social media kita (facebook, twitter, messenger dll.) untuk menentukan nilai dan level keaktifan kita di social media, tapi keasyikan berhenti begitu tadi pagi….

Tw

Twitter App. C3 Eksismeter tiba-tiba posting lewat account saya dengan seenaknya!
(Thanks to Aulia Masna for the screenshot)

Ok, saat menginstall twitter App. kita diberi opsi untuk memberi keleluasaan si aplikasi mengambil atau memanfaatkan kontrol account kita. Tapi saya mengira aksinya bakal “sopan” seperti aplikasi Twitter komersial yang selama ini pernah saya ikuti, 1-2 posting sekedar promo link… bukan 8 postingan berturut-turut dengan gaya bahasa yang “iklan” banget. Tapi kan mention ke diri sendiri? Ya tetep aja follower saya bisa baca juga! Alhasil timeline saya seakan-akan berisi spam.

Saat postingan ini ditulis, si Twitter App. sudah langsung saya Revoke Access-nya. Campaign yang sebenarnya sudah cukup manis dan menarik langsung saya benci karena eksploitasi izin akses Twitter App. yang kelewat batas. Pelajaran yang didapat: lebih berhati-hatilah dalam memberi hak akses ke 3rd Party Application, entah itu di Twitter atau Facebook.

51 thoughts on “Chickenstrip 178: Jebakan Twitter App.

    1. klik “Settings” lalu klik “Connections”, cari aplikasi yang hendak diremove lalu klik “Revoke Access” πŸ˜€

  1. baru mau unfollow, takut menuh2in timeline, untung segera baca tulisannya, malah bonus grafisnya lagi, cool!

    1. Sebenernya kalau postingnya cuma 1 sih campaignnya lumayan smooth pri. Ini yg bikin sebel kenapa 8 biji berturut2 & gaya bahasanya kurang rapi. Lebih ke tim teknisnya mungkin? Halaman profil & poin nya sih udah ok banget padahal πŸ˜€

  2. Hahaha ayam nya pengen neksis.. btw kemaren ke gramed nyari bukunya ayam ga ketemu2… tau2nya ketutupan sama buku laen!

  3. seriously: OAuth-nya Twitter tidak berlapis-lapis privilege seperti Facebook yang akan mengonfimasi jenis-jenis stream yang diijinkan ketika kita grant access 3rd party.

  4. Mei 24, 2010 pada 11:31 am
    niwat0ri klik β€œSettings” lalu klik β€œConnections”, cari aplikasi yang hendak diremove lalu klik β€œRevoke Access” πŸ˜€

    Kalo Gue bukan app.. gara2 ada link di tweet temen, trus kan gw klik gara2 pengen tau.. taunya dia spam… twitterbuilding.com.. sampe skg dia masi ngetweet2 terus.. spy berenti gmn ye ni.. terus2 an ngetweet sendiri die…

  5. hahahah saya juga anehliat time lain ente bang tadi pagi kok twitnya rada ngalay gitu..wakakakaka..+ kayak orang sok keren gitu ngakak..gue kirain dikrjain temen ente

  6. Bener, baru aja kemarin saya hampir remove semua aplikasi Facebook yg sudah kita beri access granted. Privacy mulai terancam πŸ˜€

  7. wahahaha..
    aku juga tadi sempet nyoba. tapi trus error php ato apa gitu. LOL.. Untung gk jadi nyepam eksis bin gahul berderet2.. :))
    imo, sama aja dengan pencemaran nama baik sih..

  8. untung facebook lebih sopan, app. disana ga bisa mengontrol account kita πŸ™‚

    saya jadi mikir, yang ngurus nokia eksismeter itu jangan2 orang alay…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s