Chickenstrip 148: Photoblogger

cc0148

Ya, salah satu problem photoblogger yang pada pertemuan rutin COMIC tadi malam lupa saya tanyakan: tips & info soal aturan mengambil gambar di suatu tempat. Jadi teringat postingan kang Jay soal dilarang memotret.

Acara sharing dan diskusi rutin COMIC (Community of Multimedia & ICT Bandung) tadi malam memang membahas soal photoblog. Menghadirkan pembicara Eric Setiawan dan Budi Sukmana (wah akhirnya kesampaian juga ketemu dengan pesohor-pesohor Flickr yang jago fotografi ini). Presentasinya sangat informatif, mencerahkan dan project-project photoblog unik yang dijadikan contoh sangat inspiring. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi santai. Dimulai dengan pak Budi Rahardjo yang bertanya soal proses umum photoblogging (terutama soal penyimpanan foto dan pola/kategorisasi posting), Puty yang berbagi ilmu lomo dan photoblog barunya hingga komentar-komentar mas Amal yang sangat khas dan menggelitik.

Diskusi santai sempat pula diwarnai dengan nostalgia para pecinta kamera analog, seperti Dicky J. Hadir pula bunda Endhoot, Adit Belgaman, programmer game yang pulangnya tak bonceng kemana-mana, Hendy Irawan, Anis sebagai tuan rumah (thanks buat Telkom Divre III yang sudah menyediakan tempat) dan hadirin lain yang belum sempat berkenalan ^_^

Seperti yang tadi saya sebutkan, presentasinya sangat inspiring. Terutama di bagian dimana mas Budi Sukmana menekankan bahwa photoblog ini tolong dilihat lebih ke spiritnya, passion untuk berbagi dan capturing moment (kalau kata salah seorang hadirin sih: arsip visual yang humanis), tidak peduli walaupun hanya bermodal kamera hape VGA.

Hmm kamera hape VGA, jadi teringat jaman dulu… sekitar pertengahan 2003 sempat juga coba-coba bermain photoblog dan mobile blog. Masih semangat ngoprek sampai bikin engine+cron sendiri yang memanfaatkan IMAP untuk cek email (berisi posting blog singkat yang dikirim bersama attachment foto dari T610 jadul), untuk selanjutnya otomatis dimasukan ke database pMachine sehingga blog diki.or.id ada kolom mobile blog + foto dari hape. Arsip webnya ternyata masih ada, sayangnya image mobile blognya tidak terarsip oleh Wayback Machine. Dulu tidak dilanjut kalau tidak salah karena setahun kemudian dikenalkan dengan kemudahan layanan TextAmerica oleh Ollie. Dan sekarang orang sudah makin mudah lagi bermicroblog dan berphotoblog dari handphone (BlackBerry, Twitter, TwitPic, Flickr dll.). Tapi setelah malam ini jadi ingin bermain photoblog lagi. Kini setelah tidak disulitkan oleh masalah teknis/layanan dan bandwidth, saatnya bebas berkonsentrasi ke content toh? Tapi masih tetap dengan kamera VGA jadul tentunya ^_^

22 thoughts on “Chickenstrip 148: Photoblogger

  1. Hi, akhirnya bisa juga ketemu & kenalan dengan pembuat chicken strip ini🙂

    Mengenai tip&trick mengambil gambar di tempat yang biasanya dilarang (seperti mall), memang ada beberapa cara:

    1. kerja di mall🙂 kamu pasti bebas ambil foto tanpa dimarahi
    2. jangan lihat viewfinder, alias shoot from the hip.
    3. pakai cable release (sekarang sih pake infra red kali ya)
    4. kucing-kucingan dengan satpam🙂

    untuk fasilitas militer, sebaiknya tidak dicoba hehehe…

    ditunggu komik-komik strip selanjutnya. siapa tau anjing buta bawa kamera bisa jadi bintang tamu🙂

  2. Pingback: Twitted by BDGPB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s