Chickenstrip?
Chickenstrip adalah comicstrip online yang mengangkat tema seputar IT dan topik keseharian. Topik yang dibahas bisa merupakan isu IT nasional maupun global, topik seputar opensource, isu terbaru di blogosphere hingga kejadian ringan yang dialami sehari-hari.

Latar Belakang
Berawal dari karakter chicken boy yang menjadi header dan ilustrasi blog Diki a.k.a Niwatori. Karena ingin ngeblog dengan lebih bebas dan tidak terbiasa menulis panjang lebar, dibuatlah suatu karakter baru yang tersembunyi di balik kostum ayam dengan format comicstrip yang dipasangkan dengan postingan-postingan blog singkat.

Free and Open Source Software
Comicstrip ini sendiri merupakan lanjutan hobi Niwatori yang mencoba gaya gambar yang murni digital (hanya menggunakan mouse dan perangkat lunak grafis, tanpa alat konvensional seperti pensil, pena dan kertas). Awalnya sebenarnya karena tidak memiliki scanner untuk memindahkan gambar manual tapi lama kelamaan menjadi kebiasaan. Hingga akhirnya Niwatori berkenalan dengan dunia opensource dan semakin lekat dengan perangkat lunak grafis berbasis opensource seperti Inkscape dan GIMP. Selanjutnya chickenstrip diharapkan bisa menjadi contoh nyata bahwa perangkat lunak grafis berbasis opensource juga dapat digunakan untuk berkarya dan memproduksi karya grafis pop-culture seperti komik.

Karakter Chickenstrip

Si Ayam
Seorang web developer yang selalu berkostum ayam. Agak cuek dan moody berat. Sangat antusias terhadap dunia teknologi informasi terutamanya bidang linux dan opensource.
Anonymous
Terlihat di komik hanya sebagai monitor komputer (atau terkadang notebook), bisa siapa saja… teman chatting si Ayam. Bertendensi menjadi wise character dan pelontar topik.
Si Boss
Pimpinan perusahaan tempat si ayam bekerja, sebuah perusahaan IT kecil. Kadang bijak, sabar dan ketat menjalankan fungsi manajerial perusahaan… tapi terkadang ikut-ikutan kelakuan anak buahnya yang kebanyakan minus.
Dadan Bulu a.k.a JabrikByte
Ahli networking dan hacker teladan yang ngefans terhadap notebook buah-buahan ini adalah administrator andalan perusahaan. Perutnya agak “buncit tidak terlatih”, selalu berkupluk, penuh bulu dan jarang mandi, tipikal ayah muda generasi MTV akhir 90-an yang anti kemapanan.
Boy Suresh
Programmer expatriat rese dari India, penggila gadget dan lebih pro kepada produk-produk propietary, necis, perfeksionis, tapi sok tahu.. tipikal tokoh antagonis sejati. Namun dia memiliki banyak fans di dunia online yang akrab memanggilnya, Hi Boy!™ (Tidak, tidak… dia tidak ada hubungannya dengan Dr. Suresh yang di serial Heroes ituh.)

Karakter-karakter di atas (dan yang nanti akan bermunculan) hanya rekaan belaka, jika terdapat kemiripan dengan orang-orang tertentu di dunia nyata, itu hanyalah kebetulan. Sekali lagi, itu hanya kebetulan :D