One Hundred Years of Solitude

One Hundred Years of Solitude

Rating : * * * * (4 bintang ayam)
Pengarang : Gabriel Garcia Marquez
Sejak baca beberapa buku Paulo Coelho gue mulai tertarik nyoba baca literatur amerika latin lainnya (yang populer tentunya, soalnya gue khan pembaca awam), dan ternyata rata-rata enjoy untuk dibaca, salah satunya adalah novel Seratus Tahun Kesunyian ini (One Hundreds Years of Solitude). Intinya menceritakan kisah tiga generasi keluarga Buendia yang mendirikan dan mendiami kota Macondo beserta event dan konflik yang terjadi.. dari rasa haus akan pengetahuan, kehidupan sahari-hari, konflik keluarga dan cinta, perang saudara dan politik khas amerika latin hingga kejadian di luar akal manusia seperti wabah insomnia, penampakan para arwah dll. , tapi dengan tokoh utama dan tokoh minor yang sama porsinya (baik jumlah dan perannya.. dan sebagian besar menggunakan perulangan nama pendahulunya seperti Aureliano atau Arcadio), buku ini jadi sarat konflik dan kisah kehidupan.


The Devil and Miss Prym

El Demonio y La Senorita Prym
Rating : * * * (3 bintang ayam)
Pengarang : Paulo Coelho
Khas Coelho, simple.. ringan.. tapi banyak pesan tersirat. Masih selevel di bawah novel Coelho sebelumnya sih (The Alchemist). Intinya soal pilihan, choose good or evil.. good or evil.. good or evil..? “We have our own choices and contradictions . But we can live with the contradictions and choose the best of ourself…” – Chantal Prym

Naruto

Naruto, Vol. 1: The Tests of the NinjaRating : * * * (3 bintang ayam)
Pengarang : Masashi Kishimoto
Di saat jenuh dengan manga-manga detektif dan manga petualangan ala RPG, akhirnya manga bergenre ninja hadir lagi tapi dengan kemasan agak beda dibanding Flame of Recca atau Kagetora. Tapi yang paling gue suka sih style gambarnya Kishimoto sensei.. desain karakter2nya juga fresh. Untuk komik-komik favorit seperti ini biasanya gue rajin ngikutin perepisodenya (koleksi), menghindari baca versi mangascannya (supaya mood koleksinya ngga hilang) plus jauh-jauh dari versi animenya, kalau sudah jauh atau tamat baru deh koleksi DVDnya.

Update: Gatot! Akhirnya download mangscannya, juga beli DVD-nya. Dan seperti biasa, versi anime agak kurang berkesan dibanding versi manganya. Seru sih pasti iya, apalagi soundtracknya bagus-bagus.

Galileo’s Daughter

Galileo's Daughter: A Historical Memoir of Science, Faith, and Love

Rating : * (1 bintang ayam)
Pengarang : Dava Sobel
Dengan menggali surat2 Galileo dari dan ke salah satu anaknya yaitu Suster Maria Celeste, Sobel menyajikan sejarah komplit Galileo Galilei.. terutama disaat dia dituntut oleh dewan inkuisisi gereja katolik roma. Walaupun isinya mostly surat2 Maria Celeste, judulnya menurut gue rada-rada ngga cocok. Tapi secara keseluruhan agak boring juga.