Chickenstrip 002: Google Public DNS

cc0002
Domain Name System (DNS) adalah teknologi yang membantu menerjemahkan nama domain (dalam format yang mudah diingat manusia, seperti http://www.wikimedia.org) ke alamat IP (IP address, berupa nomor dan titik seperti 145.97.39.155) saat kita beraktifitas di internet atau jaringan. Tanpa kita sadari banyak DNS atau name server membantu menerjemahkan request kita baik di jaringan lokal, ISP atau level yang lebih tinggi.

Kemarin Google meluncurkan layanan DNS yang diberi nama Google Public DNS. Kini setiap orang bisa memanfaatkan DNS server mereka yang beralamat di 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Google sepertinya makin menancapkan pengaruhnya di semua lini dan lapis kehidupan berinternet, dari lapis Google Search sebagai hulu, Chrome OS, Chrome Browser, AdSense dan daftar panjang produk/layanan Google lainnya.

Kelebihan yang ditawarkan sih katanya: Speed up your browsing experience, Improve your security, Get the results you expect with absolutely no redirection. Lalu bagaimana dengan OpenDNS? Walau dari segi fitur dan tujuannya agak berbeda (tapi agak mirip, IMHO), founder OpenDNS David Ulevitch memberikan penjelasan tentang head to head OpenDNS dengan Google Public DNS ini di blog OpenDNS. Mungkin ulasan dan pertimbangan lebih lengkap nanti bisa kita cari di blog-blog para administrator dan ahli jaringan.

Notes:
Kenapa Chickenstrip 002? Kemarin baru ngeh nomor 1-23 (dan beberapa nomer lain) masih ketinggalan di blog yang lama. Jadi sekalian dipindahin ke blog ini juga sekalian diretouch sedikit (font dan gambarnya masih versi awal). Mungkin nomor2 lainnya yang ketinggalan juga akan dire-post seperti ini saat kalau ada topik yang berhubungan.

23 thoughts on “Chickenstrip 002: Google Public DNS

  1. Setelah pakai Google DNS, emang kerasa lebih cepet resolve, tapi kalau masalah speed download sih sama aja (dan memang DNS bukan untuk meningkatkan kecepatan download, imho).

    So, kalau nggak paranoid sama usahanya Google menguasai dunia (maya), pakai aja layanan ini. Bagus kok. Kalau curiga sama Google, pakai aja tinfoil helm😀

  2. Mamaaa, tolong gantiin ceboknya Tulanwa Tunampan Tutu dong. Terus bikinin susu itu si Tulanwa Tunampan Tuwa, nangis terus daritadi😦

    Temennya ayam gak ada yang beres semua…

  3. kang koq itu tulisan judulnya
    Chickenstrip 002: Google Public DNS bukankah seharusnya
    Chickenstrip 166: Google Public DNS karena lanjutan dari yang Chickenstrip 165: Search Engine’s Homepage

  4. nimbrung ah.. hehehe, nice joke om… tapi kykny aku punya usul nama yang lebih baik om… A4:FF:08:D3:87:C0 buat cowok dan kalo cewek A4:FF:08:D3:87:C3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s