Chickenstrip 137: Transporter


Kebetulan kemarin nonton bareng film Transporter 3 dengan pasukan kopdar Bandung dan kebetulan pula membaca berita soal tukang ojek di Bintaro yang menerima panggilan antar-jemput dengan menggunakan blog!
Di situsnya tertulis:

…didukung dengan pengemudi yang terampil, tidak ugal-ugalan, sopan, dan rapi dan wangi tentunya.

Jarang sekali layanan transportasi publik di Indonesia yang berusaha memuaskan pelanggan atau penumpangnya sedemikian rupa. Padahal contoh di atas hanya sekelas ojeg.

Tidak perlu bersetelan jas rapih dan menggunakan Audi mewah ala Frank Martin di Transporter, di level bersih, rapih, ramah, tidak ugal-ugalan, tidak ngetem dan tidak memaksakan kapasitas sudah cukup kok. Syukur-syukur kalau lebih murah dan ekonomis. Dan saya pribadi melihat model trasnportasi ala busway atau Trans Metro Bandung (TMB) lumayan menuju ke arah ke sana dan lebih massal. Dan lagi-lagi, ketika konsumen merasa nyaman dan lebih memilih TMB, sopir-sopir angkot malah demo. Ya, sopir-sopir angkot yang suka ngetem itu, yang suka ngebut-ngebutan itu, yang suka kasar dan nentuin ongkos seenaknya itu, yang suka berhenti seenaknya dan bikin macet jalan itu.. dan yang suka melakukan ulah lain yang membuat saya dengan terpaksa pindah ke model angkutan pribadi beroda dua.

Bukankah kalian dulu membentak-bentak kami para penumpang dengan kalimat “..kalau mau enak ya naik mobil pribadi aja lah atau taksi!”. Saat para penumpang lebih memilih kendaraan pribadi mereka mengeluh “Ah kendaraan pribadi bikin penuh dan macet jalan aja nih.”. Saat para penumpang lebih memilih angkutan lain yang nyaman (bukan taksi sih, tapi TMB yang nyaman tapi murah) mereka mengeluh “Lahan rezeki kami dirampok, TMB menindas rakyat kecil.” Lah situ kan yang nyuruh kita-kita naik angkutan yang lain? Kalau X adalah sopir angkot yang ada di bandung dan N adalah jumlah penumpang, dimana N=X*12 (asumsi angkot berkapasitas 12 penumpang). dan sebagian besar N merasa kecewa dan dirugikan oleh X (plus hak konsumen untuk memilih angkutan lain selalu dihalang-halangi). Rakyat kecil mana yang lebih dirugikan?

Dan kita belum bicara soal polusi dan lingkungan hidup di sini…

40 thoughts on “Chickenstrip 137: Transporter

  1. Sudah dari dulu saya bersabda.. “musnahkan sopir angkot dari seluruh dunia!”

    *korban angkot dari sd sampai semester 3 kuliah yg gara-gara badannya imut suka dijelalkan didepan, ngangkangin tuas gear…*

  2. “On one condition. I drive my own car .. err, motorcycle”

    Aneh juga, memang mungkin semua orang pengen enaknya tanpa mau berusaha. Pengen dapat pernghasilan, alih-alih mbenerin service malah demo.

  3. angkot…
    di suatu waktu bisa jadi penyelamat…
    di waktu yg lain bisa jadi sumber amarah….
    di suatu waktu bisa jadi tempat tidur…
    di waktu yg lain bisa bikin melek terus…

    *penumpang angkot*

  4. TMB banyak halangan, dan diprotest terus ma Sopir Angkot, td baru baca di PR, katanya bakal ditunda 3 bulan lagi

    beda lagi dengan peluncuran Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE), jurusan Padalarang – Cimahi – Bandung – Kircon – Rancaekek – Cicalengka minggu kemaren, praktis nggak ada halangan berarti

    mudah2an Transportasi bandung dan sekitarnya bebenah terus, soalnya ngeri skrng liat motor dah terlalu banyak, gitu juga angkot yg serasa jd raja di jalan

    HIDUP PERKERETAPIAN INDONESIA *loh*

  5. @mansup, ryht: ah masa sih sopirnya ga pernah meleset baranh sekali, mansupnya keenakan kali, jadi ga nyadar:mrgreen:

    @tonih: jadi kapan navinot bahas angkot? *halah*

    @ace: perasaan pernah ada yg ngeplurk dari angkot cicaheum-ciroyom yg lagi kebut2an deh?:mrgreen:

    @audi: cameo dalam bentuk merk teks yah mas hihi

    @irwin: si mas irwin pas PB2008 dipanggilin cuek aja ih *yang pake rompi fotografer yang ada semacode URL nya kan?*:mrgreen:

    @bayu, anis, adham: ditunda katanya😦

    @teteh: ari dede mah geus jangar kalo udah ngetem sampe bulukan di samsat.. jaba panash (angry)

    @iway: break all rules! *ala transporter 3*😀

    @gum: siap, nanti dibahas😀

    @adit: lingkar luar bandung keretanya makin komplit yah? ke rancaekek yu? ke curug apa tea namanya? offline ruby metup:mrgreen:

  6. Ada pepatah mengatakan, “Hanya Tuhan yang tau kapan bajaj dan angkot mengubah arah.”

    Waspadalah…waspadalah…

    Terkadang kepikiran juga seh,
    Kita yang seharian duduk nyaman di kursi empuk, ruangan AC, manthengin monitor, makan minum tinggal ke pantry
    Masih lebih mendingan daripada para sopir itu yang mungkin nyaman duduk di jok angkot, kepanasan dan keujanan klo lagi narik (gerah pula), manthengin jalan & kendaraan laen biar ga nabrak, makan minum musti ke kedai (haiyah)

    Yah…terkadang terpikir sih…mungkin itulah kenapa mereka terkesan ugal-ugalan
    Ngejar setoran mungkin, buat ngidupin 2-3 bininya (hoho)

    (komen kontra neh…)

  7. hanya di Bandung kehadiran Blue Bird group di tolak..
    dan lagi-lagi oleh para pesaingnya, para supir taksi dengan argo kuda.

    Suatu status quo jelek yang coba dipertahankan..

    dan sekarang terulang ke TMB.. fuhh..!

    too bad for bandung😦

  8. Yang jadi masalah adalah karena transaksi uang ada di jalan langsung. Karena bentuknya seperti ini, angkutan kota menjadi mata pencaharian pribadi (paling terkait ke juragan angkot dan bayar trayek di terminal).

    Saat “sarana publik” menjadi “dapur uang” pribadi, berarti sudah lepas dari kontrol pemerintah. Apa pun kebijakan pemerintah, saat ada yang merasa mata pencahariannya terganggu, pemerintah bakal disalahkan.

  9. gwe juga komen kontra ah. Ngga semua sopir angkot itu jelek dik. Gwe dulu pernah naek angkot, trus sama si sopirnya diajakin ngobrol. Cerita-cerita gitu. Enakan kok. Gwe juga jarang lho, bahkan seinget gwe lom pernah dibentak-bentak dan dimaki-maki sama sopir angkot. Mungkin loe lagi ga hoki aja, pas dimaki2 sama sopir itu :))

  10. Betul tuh… geehehehehe.. sayang di surabaya angkutan umum ga sebagus di tempat lain. masih cukup bernatakan. Tapi angkot surabaya baik2 kok. dan ga terlalu ngaco. cuma emang ga diatur aja. ga dibikinin halte. Padahal kan mereka suka berhenti di tempat yang jelas2 di situ2 aja, tinggal kasih halte🙂

  11. Sudah dari dulu saya bersabda.. “musnahkan sopir angkot dari seluruh dunia!”

    *korban angkot dari sd sampai semester 3 kuliah yg gara-gara badannya imut suka dijelalkan didepan, ngangkangin tuas gear…*

    wakwkakwaw… klo dimusahin cerita hidup mu hilang dong hihihi….

    di jogja dah ada joga Jogja Ojek Taksi😀

  12. saia juga bingung, sejak kapan sih angkot ada dengan sistem turunin gak di halte, sering bangat ngetem, gak tertib lalu lintas, dll dah, coba sistemnya turun di halte en gak ngetem en yg laen2… kan lebih tertib… trs jumlah angkots juga coba dibatesin biar gak kaya laler or laron…
    jd syapa yg salah? (lho sekarang menyalahkan orang lain)
    *duh komen guah nyambung gak sih

  13. Di indonesia mah yg namanya “service” itu kebanyakan buruk ya. Knapa ya?.
    Gw jd inget kalo lagi ke kampus bareng si gondez, tiap ada angkot yg ngetem seenaknya, kalo gak pintu sopirnya di tendang, kalo gak ya sopirnya diludahin. Agak2 preman si, tp kadang mereka ngetem gak mikir orang lain jg .. hhehehehe😀

  14. jiiiaaahh,, bener tuh!!

    waktu hari pertama TMB premier, gw ama si mamah dah duduk di kursi paling depan. tapi sejurus kemudian ada polisi ngasi tau kalo TMB gak akan difungsikan bwt hari itu coz yg demo makin beringas,,

    walhasil gw naek bus damri lagi deh,, MAHAL,,

  15. Salam!

    Baru pertama kali mampir nih. Mungkin ntar-ntar bukan mampir aja…

    BTW, temen saya, Afghan (bukan nama sebenarnya, hehe..), baru cerita tadi siang. Dia naik angkot Caheum-Ledeng dari Setiabudi, menuju Salman ITB. Di deket parkiran Bank Muamalat, dia ketemu saya. Mukanya merana.

    Dia ngomel gini, “Dasar supir angkot teh! Bentak-bentak Afghan. Masa dari Setiabudi ke sini (Salman) diminta 3000!”

    “Mungkin baiknya kita ngasih 2500 kali.”

    “Enggak, tauuu! Cuma 2000 harusnya. Tapi ya saya kasih aja. Daripada imej saya rusak…”

    “Deu… Cuma diliat supir angkot aja, mikirin imej.”

    Padahal si Afghan ini badannya bohai dan gede, tapi sama supir angkot masih ngalah. Memang sih, si supir pake bentak-bentak dan dengan arogannya ngelempar uangnya si Afghan ke kursi, sangking gak mau dibayar 2000.

    Supir angkot Kalapa-Dago kadang-kadang gak kalah seru sadisnya (dalam hal narik ongkos).

    Akhirnya cuma bisa bilang: “Cape deeh…”

    PS. Dasar supir-supir culas.

  16. setuju banget……
    gak tau sampe kapan penderitaan ini berakhir….
    Gw nyoba bandingin ma jogja, kota jogja jauuuuuuuuuuuh lebih rapi dan teratur dibandingin ma bandung. Dan setelah gw amat amati lamaaa, ternyata bener, d sana kagak ada yang namanya ANGKOT!!. Gw sih g terlalu masalah dengan angkotnya, tapi gw sebel and bete ma yg namanya supir angkot..(Ya iyalah, angkot ma kalo g dijalanin jg g bakal ngapa2). Harusnya mesti d tertib-in ini model angkutan ugal2an gini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s