TED dan Berbagi Ide

Tadi malam pertemuan rutin BHTV bulan ini diadakan seperti biasa di IZI Jl. Ambon. Dibuka oleh mas Amal, salah satu topik yang menarik adalah presentasi Mas Boy Avianto mengenai TED, topik yang belakangan memang sedang dibahas di mailing list Teknologia. TED (Technology Entertainment Design) adalah konfrensi rutin yang diadakan di Monterey California, yang misi utamanya adalah berbagi ide dan menyebarkan ide. Berbagai macam tokoh dan pemikir mempresentasikan ide dan konsep mereka mengenai berbagai topik (science, arts, politics, global issues, architecture, music dll.) selama 18 menit. Video-video presentasi tersebut kemudian dirilis dengan lisensi Creative Commons dan bisa didownload secara gratis dari situs TED.
Malam itu Mas Boy menceritakan sejarah TED, TEDGlobal, TEDPrize, beberapa alternatif agar kita bisa ikut berpartisipasi (ngehost sesi TED kecil-kecilan, blogging dll.), contoh-contoh ide dan presentasi yang menarik yang pernah ada (berikut potongan video) dan gagasan untuk mengadakan acara sharing sejenis, sebuah TED versi Indonesia.

Salah satu jargon TED adalah TED: Ideas worth spreading , yang mungkin dalam bahasa Mas Boy tadi malam:

“Ide itu mahal/berharga… kalau ada implementasi. Jika kita keluarkan ide-ide yang ada di kepala kita, ide-ide baru akan masuk lagi. Dengan kita berbagi ide, diharapkan ada orang lain yang memiliki kemampuan untuk mengimplementasikannya. Kalau ide kita belum bisa diterima, kita bergerak dengan ide kita yang lain.”

Di level pribadi, saya dan si Bali gila yang satu ini dulu sempet sering chat bertukar ide-ide gila dan malah sampai membuat milis ngga jelas Banyak Ide Kurang Aksi. Dan dari pengalaman tersebut memang benar: ide di kepala kalau numpuk bisa bikin pusing sendiri, mengeluarkan/sharing ide ke orang lain akan membuat ide-ide baru masuk lagi, ide tanpa implementasi itu nothing! dan ide harus cepat dieksekusi kalau enggak nanti dipatok ayam keburu ada orang lain yang muncul dengan ide yang sama tapi sukses mengimplementasikannya, ide dicuri karena tidak segera diimplementasikan.

Andai TED versi Indonesia terlaksana, saya rasa banyak ide-ide hasil pemikiran anak negeri yang bisa dipresentasikan. Perkiraan dan harapan saya, jajaran orang-orang ini akan mempresentasikan konsep dan ide yang menarik dan motivatif: Budi Raharjo, Adinoto, Kukuh, Boy avianto, Thomas Arie, Pitra, Gustaf Hariman, Andry S Huzain, Ferry Haris dll. (ini hanya list permisalan/andai-andai yang muncul dalam hitungan detik, tapi kepikiran karena ada alasannya tentunya๐Ÿ˜€ ) Kalaupun belum ada ide bikinan sendiri, sebagai start mungkin membawakan/menyebarkan ide dan konsep sudah ada yang dirasa perlu diketahui oleh audience dan bermanfaat (membahas soal Getting Real atau Sahana mungkin?)

Ah tidak sabar menunggu oom Panji selesai mendownload semua video TED (semoga available untuk dipesan), dan menunggu rekan-rekan milis Teknologia mewujudkan TED versi Indonesia.

10 thoughts on “TED dan Berbagi Ide

  1. Penasaran sama milisnya.. ๐Ÿ™‚ dan videonya. Jujur.. baru ngeh soal TED ini
    Kadang2 ide yg brilian bisa timbul cuma dari menghubung2kan penerapan teknologi di satu bidang (yg sudah sering diterapkan) ke bidang lain (yg masih belum pernah menerapkan teknologi itu).

  2. @rozen, pradit: ngga semua dikomikin, kalau bohlam di kepala tau-tau nyala “wah pingin dikomikstripin ah!”… baru deh๐Ÿ™‚

    @sinan: hetrik itu mahal:mrgreen:

    @wisnu: nunggu dvd komplidnya aja ah kekeke, ini aja mp3 dari fowa web 2.0 conference belon kelar didengerin

    @huda: ah iya itu lupa saya tulis, soal multi disiplin… mas Boy juga ngejelasin soal kerjasama lintas disiplin antara orang teknis dan non-teknis

  3. klo udah pada dapet videonya bagi-bagi yahhhh…๐Ÿ˜€

    penasaran banget sama apps yg bikin gambar 2D jadi 3D.. kueren abiezz….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s