Desain Humanis Yahoo

Entah kenapa tiba-tiba belakangan ini gue tertarik sekali dengan foto-foto random yang muncul di beberapa sub-portal Yahoo seperti mail.yahoo.com, photos.yahoo.com, 360.yahoo.com, groups.yahoo.com dll. Padahal ratusan clicking dan browsing sebelumnya gue cuek-cuek aja, sampai suatu ketika temen di kantor berkomentar bahwa dia suka sekali dengan foto-foto humanis yang ada di layout Yahoo sekarang ini. Alam pemikiran desain-mendesain gue jadi jalan lagi (setelah belakangan ini say bye-bye to webdesign), warna-warna simple cenderung pastel, dicombine dengan round corner yang soft plus foto-foto “humanis” tersebut mengingatkan gue kalau di desain gue (media apapun) belakangan ini kurang ada sentuhan manusiawinya.Sebenarnya sebelumnya beberapa temen malah sempat mengidentikan gue dengan apa yang gue namain style “Beauty by design, design by beauty..”, alias selalu menampilkan photo cewek cakep di desain gue. Tapi banyak keterbatasan yang kemudian timbul : 1. Untuk keperluan komersial (misal untuk client kantor) penggunaan foto sesorang tentu saja membutuhkan izin/royalti. 2. Setelah selang beberapa lama, gue notice kalau orang malah lebih menikmati gambar cewek cakepnya daripada overall design gue (berlaku untuk para user cowok.. dan gue sendiri tentunya wekekeke). 3. Mencegah kemungkinan-kemungkinan tragis lainnya seperti: dibacok pacar gara-gara banyak folder berisi foto cewek2 cakep di laptop gue, dituduh mengeksploitasi wanita, potensi omes di depan layar komputer… dll. Akhirnya gue beralih ke design “techy” atau bermain di warna-warna atau bentuk-bentuk tegas dan kontras, terlebih lagi waktu kerja gue belakangan ini lebih banyak dihabiskan di console daripada di desktop sedikit banyak membuat ide design gue sedikit flashback lagi ke jaman purba, text rules! Dan desain Yahoo di atas kali ini membuat gue agak berkontemplasi, intinya sih gue perlu pencerahan ulang di bidang desain.

Kembali ke desain Yahoo tadi, bukan hanya pilihan fotonya yang bagus, kaitan kalimat-kalimat headline di samping foto-fotonya juga sangat pas, cocok dengan moment dan emosi yang ditampilkan pada foto. Terlepas dari ide desain lain seperti simbolisme, ilustrasi, typografi dll. , kayaknya gue perlu mengeksplorasi pemanfaatan foto-foto seperti Yahoo di atas, terlebih lagi sekarang ada kamera bagus yang bisa dipinjam dari bapak ini dan kebetulan gue mulai belajar jepret-jepret. Ingin menampilkan kesan kolaborasi ala YahooGroups? Tampilkan saja foto orang-orang yang sedang menapilkan kekompakan. Butuh suasana kebersamaan di web ala Yahoo360? Tampilkan saja foto orang yang sedang bercengkerama dengan teman dan keluarga. Singkat kata, gunakan ekspresi dan emosi manusia pada foto untuk menghidupkan atau memberi karakter pada web kita, yang menjadi indikator untuk apa dan siapakah web kita ditujukan. Seperti kata Protagoras dari Yunani : “man is the measure of all things…”

*) Sekedar tulisan iseng selama ngabuburit oleh webdeveloper awam.

Leave a Reply

