japanese Text Input

Pagi tadi nginstall Japanese text support di WinXP komputer kantor, supaya bisa baca dan ngetik huruf Jepang. Jadi keingetan dulu janji ngajarin instalasi ini ke si puch. So, akhirnya sekalian dibikin tutorial sederhana.

1. Pengenalan masalah: Browser kita ngga bisa baca web yang ditulis dengan karakter Jepang. Contohnya di sini adalah http://www.google.co.jp

2. Masuk ke Control Panel WinXP, pilihlah icon “Regional and Language Option”.

3. Pada tab “Languages” pilihlah checkbox “Install files for East Asian Languages”. Nanti akan muncul window pemberitahuan (bahwa butuh 230MB untuk instalasi tulisan-tulisan keriting inih). Klik OK lalu Apply. Kita akan diminta memasukan CD Installer Windows XP. Files-files yang dibutuhkan akan dicopy lalu kita diminta merestart komputer.

4. Setelah restart Windows kita sudah bisa menampilkan huruf Jepang, Cina dan Korea.

Tahap berikutnya yaitu menyetting Windows XP agar bisa menginput huruf atau karakter Jepang:

1. Sama seperti sebelumnya, akses Control Panel lalu klik icon “Regional and Language Option”. 2. Pada tab “Languages” pilih bagian “Text services and input languages” lalu klik tombol “Details”.

3. Pada tab “Settings” klik tombol “Add”, pilih input language “Japan”, klik OK.

4. Kini di taskbar windows kita akn muncul tambahan language bar untuk English (EN) atau Jepang (JP). 5. Sistem kita telah siap untuk melakukan inputr dengan huruf Jepang.

Lalu bagaimana cara penggunaannya? 1. Pada saat beroperasi di bidang teks (mengetik MS Word atau pada contoh ini kita sedang mengetik di inputan form google) pinda ke mode penulisan huruf Jepang dengan cara mengklik icon EN menjadi JP atau cara cepatnya dengan menggunakan Alt+Shift. 2. Tapi mengetik huruf Jepang sendiri terdiri dari banyak jenis. Untuk pengaturan lebih detail, kita maksimalkan language bar dengan memilih option “Show The Language Bar”.

3. Di bar atas window aplikasi kita akan muncul option detail dan selanjutnya kita bebas mengatur akan mengetik Romanji biasa, Hiragana, Katakana ataupun Kanji.

4. Untuk penulisan Kanji, ketik karakter2 (Hiragana) awalnya lalu akhiri dengan mengetikan spasi dan nanti akan dirubah ke bentuk kata/Kanji yang dianggap paling sesuai. Untuk memilih pilihan format kata yang lain tekan panah bawah ketika huruf kanjinya masih ter-highlight. 5. Selamat mengetik huruf Jepang, dan jangan lupa dokumen web anda (halaman HTML / blog dll.) harus disave as atau memuat informasi bahwa dokumen tersebut butuh support encoding minimal unicode / UTF-8. Untuk non Windows XP, download terlebih dahulu Microsoft Global IME di sini. Untuk Linux dan MacOSX bisa langsung diset di saat instalasi atau settingan lainnya.

2 thoughts on “japanese Text Input

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s