cc0178
Berawal dari penasaran akan gameplay & interaksi aplikasinya (plus harapan iseng2 berhadiah juga tentunya), sekitar seminggu yang lalu saya mendaftar quiz Nokia Eksismeter. Konsepnya sih menarik, memanfaatkan statistik aktifitas social media kita (facebook, twitter, messenger dll.) untuk menentukan nilai dan level keaktifan kita di social media, tapi keasyikan berhenti begitu tadi pagi….

Tw

Twitter App. C3 Eksismeter tiba-tiba posting lewat account saya dengan seenaknya!
(Thanks to Aulia Masna for the screenshot)

Ok, saat menginstall twitter App. kita diberi opsi untuk memberi keleluasaan si aplikasi mengambil atau memanfaatkan kontrol account kita. Tapi saya mengira aksinya bakal “sopan” seperti aplikasi Twitter komersial yang selama ini pernah saya ikuti, 1-2 posting sekedar promo link… bukan 8 postingan berturut-turut dengan gaya bahasa yang “iklan” banget. Tapi kan mention ke diri sendiri? Ya tetep aja follower saya bisa baca juga! Alhasil timeline saya seakan-akan berisi spam.

Saat postingan ini ditulis, si Twitter App. sudah langsung saya Revoke Access-nya. Campaign yang sebenarnya sudah cukup manis dan menarik langsung saya benci karena eksploitasi izin akses Twitter App. yang kelewat batas. Pelajaran yang didapat: lebih berhati-hatilah dalam memberi hak akses ke 3rd Party Application, entah itu di Twitter atau Facebook.

About these ads